Wednesday, April 13, 2016

Bahya Tidur dengan Lampu Menyala

Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai berbagai manfaat dari berenang, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa bahaya tidur dengan menggunakan lampu menyala. Tidur merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh semua makhluk hidup. Dengan tidur pastinya akan membuat tubuh merasa lebih segar ketika keesokan hari dalam menjalankan aktivitas. Secara umum tidur yang berkualitas membutuhkan waktu paling tidak selama 8 jam dalam sehari.

Jam tidur tiap orang pastinya berbeda satu sama lain, tergantung dengan gaya hidup tiap orang. Beberapa orang memiliki kebiasaan tidur yang bermacam-macam seperti tidur dengan menggunakan lampu menyala terang atau juga tidur tanpa menyalakan lampu. Namun dengan berbagai penelitian yang ada menunjukkan bahw tidur dengan lampu keadaan menyala tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Dapat Menghambat Produksi dari Melatonin

Bahaya tidur dengan lampu menyala yang pertama adalah dapat menghambat produksi dari melatonin. Dengan hal tersebut pastinya akan membuat produksi dari melatonin menjadi kurang maksimal. Lantas apa yang dimaksud dengan melatonin? Melatonin sendiri merupakan salah satu jenis enzim yang dapat membantu dalam menjaga tubuh dari perkembangan sel kanker maupun sel tumor. Atau bisa disebut juga fungsi dari melatonin ini adalah membantu dalam menghindarkan tubuh dari sel kanker atau juga sel tumor.

Melatonin dapat berkembang dengan baik apabila tidur dengan menggunakan lampu yang tak menyala, namun ketika tidur dengan lampu yang menyala terang dapat menyebabkan produksi dari melatonin menjadi terhambat. Meskipun begitu ada baiknya untuk tidur dengan mematikan lampu. Selain itu untuk membantu mencegah kanker, dapat dilakukan dengan menjag pola hidup sehat seperti menghindari rokok, alkohol, dan juga mengurangi makan-makanan cepat saji.

Dapat menyebabkan Gangguan pada Tidur

Bahaya tidur dengan lampu menyala berikutnya adalah dapat menyebabkan gangguan pada tidur. Gangguan pada tidur seperti insomnia atau masalah susah tdiur yang membuat seseorang terus terjaga sampai larut malam. Salah satu faktor penyebab dari insomnia sendiri adalah tidur dengan lampu menyala terang. Lampu yang menyala terang juga dapat membuat Anda terbangun ketika tengah malam.

Menurunkan Kualitas Tidur

Bahaya tidur dengan lampu menyala berikutnya adalah menurunkan kualitas tidur pada seseorang. Seperti pada penjelasan di atas bahwa dengan lampu yang menyala terang dapat menyebabkan seseorang insomnia atau masalah kurang tidur. Dengan insomnia pastinya akan membuat seseorang untuk memiliki kualitas tidur yang menurun. Kualitas tidur yang menurun dapat menyebabkan berbagai masalah pada aktivitas sehari-hari di keesokan harinya. Masalah tersebut diantaranya seperti susah untuk berkonsentrasi, tubuh akan terasa lemas, mengantuk, dn banyak lagi.

Bisa Meningkatkan Depresi

Bahaya berikutnya adalah dapat meningkatkan depresi pada seseorang. Berbagai penelitian menyatakan bahwa dengan lampu menyala pada saat tidur, juga dapat meningkatkan rasa depresi pada seseorang. Tidur yang kurang berkualitas, di tambah dengan beban pikiran Anda maka peningkatan depresi akan menjadi ancaman yang jelas. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk mematikan lampu pada saat tidur.

Gangguan pada Sistem Metabolisme Tubuh

Bahaya yang terakhir dalam pembahasan ini adalah gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh menjadi hal yang penting bagi tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh yang baik maka kebutuhan dari vitamin, mineral, dan nutrisi dapat berjalan dengan lancar dan baik. Akan tetapi apabila metabolisme tubuh tak baik bisa menurunkan konsentrasi, tubuh terasa lelah, dan daya tahan tubuh menurun.

Baca

No comments:

Post a Comment